Ratusan Pelajar di Pidie Antusias Ikut Seleksi Paskibraka, Besok Tes Urine

Ratusan Pelajar di Pidie Antusias Ikut Seleksi Paskibraka

Pidie - Ratusan pelajar tingka SMA/MA/SMK antusias mengikuti seleksi Calon Pasukan Pengibaran Bendara Pusaka (Paskibraka) di Kabupaten Pidie.


Kegiatan itu digelar oleh Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pidie dalam rangka persiapan HUT ke-78 RI.


Ketua Pelatih Paskibraka Pidie, Kapten Inf Samsul Rizal mengatakan, minat pelajar untuk menjadi Calon Paskibraka sangat tinggi pada tahun ini.


Jumlah peserta yang ikut seleksi hampir mencapai 400 orang. Kemudian hasil seleksi selama tiga hari, kini tersisa sebanyak 76 orang untuk mengikuti tapahan selanjutnya


"Besok semua Calon Paskibraka mengikuti tes urine di kantor Disparpora Pidie. Ini merupakan hasil kerjasama dengan BNNK Pidie," kata Kapten Samsul, Rabu 12 Juli 2023.


Samsul mengatakan, Calon Paskibraka Pidie dalam waktu dekat ikut pemusatan latihan di gedung Pidie Conversation Center (PCC).


Mereka nantinya di gembleng dengan berbagai materi baik tentang peraturan baris berbaris (PBB) maupun latihan fisik serta pembentukan karakter dan mental.


"Yang paling penting kita tekankan jiwa korsa mereka. Kalau itu sudah dapat maka yang lain akan mengikutinya, baik mental maupun soal PBB," ujarnya.

Ia memastikan, semua Calon Paskibraka Pidie tidak ada titipan dan benar-benar dilakukan seleksi secara murni.


Banyak peserta yang gugur saat seleksi selain kondisi kesehatan juga disebabkan faktor cuaca yang exstrem.


Sementara itu, Kepada Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pidie, Edy Saputra mengatakan, untuk melatih Calon Paskibraka melibatkan unsur TNI, Polri dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Pidie.


"Ada enam orang yang melatih Calon Paskibraka Pidie. Masing-masing dua orang baik dari TNI, Polri dan Purna Paskibraka Pidie," sebut Edy.


Edy meminta semua Calon Paskibraka untuk disiplin dan patuh kepada pelatih selama mengikuti latihan, agar dapat melahirkan hasil yang maksimal saat peringatan HUT ke 78 RI.


"Pesan saya kepada semua untuk jaga kesehatan mengingat cuaca yang exstrem saat ini. Kemudian ikuti arahan pelatih agar sukses nantinya saat upara bendera," tutup Edy.


Lebih baru Lebih lama